Pada tahun 2010, Satuan Penjamin Mutu Unpad mengeluarkan empat buku yang merupakan satu kesatuan sistem penjaminan mutu, yaitu :

1. Pedoman Pelaksanaan Penjaminan Mutu Unpad
Buku ini merupakan manual prosedur yang berisi panduan bagi Fakultas dan Prodi dalam melaksanakan sistem penjaminan mutu akademik. Buku ini merupakan satu kesatuan dengan mutual akademik.

2. Kebijakan Akademik Unpad
Kebijakan akademik Unpad merupakan satu dokumen akademik yang berfungsi sebagai pedoman bagi penentu kebijakan dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dalam rangka meningkatkan mutu akademik secara berkelanjutan. Sebagai acuan dalam penyusunan kebijakan akademik ini digunakan berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

3. Standar Akademik Unpad
Buku ini dimaksudkan untuk memacu Unpad agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam memberikan layanan yang bermutu dan sebagai perangkat untuk mendorong terwujudnya transparansi dan akuntabilitas publik dalam penyelenggaraan tugas pokoknya. Standar akademik ini meliputi visi dan misi, tata pamong dan kepemimpinan, kemahasiswaan, lulusan, sumber daya manusia, pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat

Kebijakan penjamin mutu

Pengembangan kurikulum yang dilaksanakan secara konsisten dan sistematis adalah suatu kebutuhan yang mendasar bagi peningkatan dan penjaminan mutu pengajaran di Program Studi Akuntansi. Adapun berbagai kajian terkait pengembangan kurikulum juga terkait dengan evaluasi terhadap efektivitas serta persesuaian dengan perkembangan studi Akuntansi baik secara akademis maupun empiris dengan tetap memperhatikan kurikulum nasional untuk
menjamin kualitas dan tingkat kompetensi yang lebih luas.

Proses penjaminan mutu yang dijalani oleh Program Studi Akuntansi melalui dua kegiatan yaitu: penjaminan mutu eksternal (akreditasi dan evaluasi program studi berbasis evaluasi diri/EPSBED yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan hasil akreditasi pada tahun 2011 Program Studi Akuntansi telah mendapatkan Predikat A. Sedangkan penjaminan mutu internal dilakukan oleh satuan penjaminan mutu Program Studi Akuntansi secara mandiri untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi yang dicerminkan oleh mutu lulusan secara berkelanjutan.

Penjaminan mutu internal dimulai dari pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan yang menjadi unsur dalam proses penjaminan tersebut. Proses penjaminan mutu di Program Studi Akuntansi sangat berkaitan erat dengan mutu lulusan karena akan menenetukan tingkat pemahaman dan penguasaan keilmuan dari setiap lulusan. Sistem penjaminan mutu dalam pelaksanaan PBM pada Program Studi Akuntansi didasarkan pada kebijakan pimpinan Fakultas (Dekan) yang dibangun secara terintegrasi ke dalam sistem penjaminan mutu (SPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPAD.